-->
http://picasion.com/

Cara Penulisan Date and Time English British and English American

Cara Penulisan Tanggal and Waktu English British and English American

Format penulisan tanggal dan waktu antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ada perbedaanya. Seperti, penggunaan waktu 24 jam di Bahasa Indonesia dan 12 jam di Bahasa Inggris.


Nah, Umumnya, Bahasa Inggris terbagi menjadi 2 gaya; american atau british. Hal ini juga berpengaruh terhadap cara penulisan atau pelafalan kosakata.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan dalam penulisan tanggal antara English American dan English British.

Format Penulisan Tanggal


Dalam format Bahasa Indonesia, kita menggunakan format "tanggal" diikuti bulan kemudian tahun atau dd/mm/yy (day/month/year). Contohnya; 25 Februari 2019 ditulis 25/2/2019.

Dalam format English British atau UK, itu sama dengan format penulisan tanggal pada umumnya atau sama dengan Bahasa Indonesia. Yakni menggunakan format dd/mm/yy.

Sedangkan English American menggunakan format berbeda dalam penulisanya. Yakni menggunakan format mm/dd/yy. Atau dimulai dengan bulan, diikuti tanggal dan diakhiri dengan tahun.

Contoh; 23rd of March, 2019 atau 23 Maret 2019.
English American ditulis 3/23/2019.
English British ditulis 23/3/2019.

Format Penulisan Waktu atau Jam

Format penulisan waktu dalam Bahasa Inggris umumnya berbeda dengan bahasa pada umumnya, yakni menggunakan waktu 12 jam dengan penyebutan a.m (ante meridien - before midday/sebelum siang) dan p.m (post meridien atau after midday/setelah siang).

Contoh :
Pukul 5.11 = 5.11 a.m
Pukul 16.25 = 4.25 p.m

Kesimpulan


Dalam penulisan tanggal, English British menggunakan format yang sama seperti bahasa pada umumnya yakni tanggal, bulan dan tahun sedangkan English American memiliki format bulan, tanggal dan tahun.

Dalam penulisan waktu, Bahasa Inggris menggunakan format 12 jam yang ditulis dengan "a.m" untuk pagi atau sebelum siang dan "p.m" untuk setelah siang.

Sekarang sudah pahamkan perbedaan penulisan tanggal format English British dan English American, serta cara penulisan waktu?

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter