-->
http://picasion.com/

Definisi Modal Verb dan Penggunaanya

Modal Verb atau Modal auxiliary verb atau modal adalah kata kerja bantu yang fungsi utama untuk menjelaskan tentang kebutuhan atau kemungkinan.

Contohnya, can, may, might, could, should, would, will, and must

Aturan penggunaan Modal verb :

  • Tidak perlu menambahkan huruf “s” pada akhir modal verb untuk orang ketiga present tense. Seperti, “he cans”, “she mays”, atau “Chandra shoulds”. --> Ini Salah.

  • Hanya boleh ada satu modal verb. Seperti “I will can eat nasi Padang”. --> salah! Ingat, Hanya pakai satu modal verb-nya!

  • Tidak bisa diikuti dengan imbuhan -ing dalam kalimat present continous tense. Seperti, “I’m canning”, “He’s woulding”, atau “You are shoulding”.--> Ini Salah.

Rumus (Subject + Modal Verb + Verb)

S + Modal Verb + verb 1 (Positif)

S + Modal Verb + Not + Verb 1 (Negatif)


Penggunaan dan Arti Kata Modal Verb

a. Will

"Will” berarti “akan”. Fungsinya.

Menyatakan niatan : I will go to your house tomorrow morning. (Aku akan pergi ke rumahmu besok pagi.)

Membuat prediksi  She will forgive you later, so you don’t have to worry. (Dia akan memaafkanmu nanti, jadi kamu tak perlu khawatir.)

Menanyakan permintaanWill you marry me? (Maukah kau menikah denganku?)

b. Would

Sama dengan will, yaitu “akan”. Would merupakan modal past yang berkaitan dengan sesuatu yang sudah terjadi di masa lampau dan digunakan dalam kondisi yang lebih formal. 

Menyatakan kemauan atau niatan :    If he had apologized to me sooner, I would forgive him. (Jika saja dia meminta maaf kepadaku lebih awal, aku akan memaafkannya.)

Membuat prediksi       I believe Manchester United would become a winner this year. (Aku percaya bahwa Manchester United akan menjadi pemenang tahun ini.)

Menanyakan permintaan        Would you lend me your phone? (Maukah kamu meminjamkan ponselmu padaku?)

c. Can

Arti dari “can” adalah “bisa atau dapat”. 

Menyatakan kemampuan I can show you my phone. (Aku bisa menunjukkan ponselku kepadamu.)

Meminta izin  : Can I go to the mosque? (Bolehkah aku pergi ke mesjid?)

Menyatakan kemungkinan  : It can be fun if she is here right now. (Akan sangat menyenangkan jika dia ada di sini sekarang.)

d. Could

Sama dengan can, yaitu “akan”. Could merupakan modal past yang berkaitan dengan sesuatu yang sudah terjadi di masa lampau dan digunakan dalam kondisi yang lebih formal. 

Menyatakan kemampuan When I was a single woman, I could do anything I want. (Waktu aku masih wanita lajang, aku bisa melakukan apapun yang aku mau.)

Meminta izin Could I eat here? There’s no empty space. (Bisakah aku makan di sini? Tidak ada tempat lain yang kosong.)

Menyatakan kemungkinan I could fail the test if you don’t help me. (Aku bisa saja gagal dalam tes jika kamu tidak membantuku.)

e. May

May berarti “mungkin”.

Menyatakan kemungkinan Astrid may come after meeting with her client. (Astrid mungkin akan datang ke sini setelah rapat dengan kliennya.)

Meminta izin May I visit my sick friend in the hospital this weekend? (Bolehkah aku menjenguk temanku yang sakit di rumah sakit akhir pekan ini?)

Menyatakan saran  You may not drink milk if you lactose intolerant. (Kamu sebaiknya tidak minum susu jika kamu memiliki intoleransi laktosa.)

f. Might

Sama dengan may, Might berarti “akan”. Might merupakan modal past yang berkaitan dengan kemungkinan yang lebih tidak pasti dan digunakan dalam kondisi yang lebih formal. 

Menyatakan kemungkinan   I might meet a k-pop idol if I go to Seoul. (Aku mungkin akan bertemu dengan idol K-Pop jika aku pergi ke Seoul.)

Menyatakan penawaran Might I offer you to eat this pizza with me? (Bolehkah aku menawarkan kamu untuk memakan pizza ini denganku?)

Menyatakan kalimat yang terbukti tidak terjadi di masa lalu (“might” harus diikuti dengan kata “have”.) Ardy might have asked Arsy to join him watching concert, but she refused. (Ardy mungkin sudah mengajak Arsy untuk ikut dengannya menonton konser, tetapi Arsy menolak.)

Meminta izin If Coldplay has a concert in Jakarta, might I go to the concert? (Jika Coldplay menggelar konser di Jakarta, bolehkah aku pergi menonton konsernya?)


Sumber :

https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/akademik-english-dan-persiapan-tes-inggris/modal-verb-pengertian-cara-menggunakan-dan-contohnya/

https://www.zenius.net/blog/modal-verbs

https://www.grammarly.com/blog/modal-verbs/

Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter