Wednesday, 28 November 2018

Bahasa dan Budaya

Apa Hubungan antara Bahasa dan Budaya?

Pertama, kita ambil definisi budaya dari Mahmoud, yang menyatakan bahwa "Culture is a broad concept with many implications. It may refer to our way of life as it includes beliefs, concepts, principles, behavior patterns, habits, and everything we learn to do." Budaya juga mencakup segala hal yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat seperti kepercayaan, konsep, prinsip – prinsip, pola tingkah laku, kebiasaan, dan segala hal yang dipelajari (Mahmoud, 2015: 66).

Salah seorang pakar penerjemahan, newmark (1995) menyatakan bahwa Budaya adalah sebuah cara hidup dan manisfestasinya yang khas dari masyarakat tertentu yang menggunakan bahasa tertentu sebagai alat untuk berekspresi. Kata Kunci; bahasa sebagai sarana berekspresi.

Pakar ternama dari Indonesia, Koentjaraningrat mengatakan bahwa kebudayaan itu hanya dimiliki manusia dan tumbuh bersama dengan berkembangnya masyarakat manusia. Isi kebudayaan itu terdiri atas tujuh unsur yang bersifat universal. Artinya ketujuh unsur itu terdapat dalam setiap masyarakat manusia yang ada di dunia ini.

Ketujuh unsur tersebut yaitu bahasa, sistem teknologi, sistem mata pencaharian hidup atau ekonomi, organisasi sosial, sistem pengetahuan, sistem religi dan kesenian. Menurut Koentjaraningrat (1992), bahasa merupakan bagian dari kebudayaan,

Singkatnya, bahasa merupakan bagian dari kebudayaan.

Montasser Mohamed AbdelWahab Mahmoud. (2015). Culture and English Language Teaching in the Arab World. ADULT LEARNING, 26 (2): 66 – 72
Koentraraningrat. (2002). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Newmark, P. (1981). Approaches to Translation. Oxford: Pergamon Press.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 TukangTerjemahDotCom Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates