Thursday, 12 January 2017

FUNGSI KOHESI, KOHERENSI DAN REFERENSI

A.     FUNGSI KOHESI, KOHERENSI DAN REFERENSI
a.       Fungsi Kohesi
Konsep kohesi mengacu pada hubungan bentuk antar unsur-unsur wacana sehingga memiliki keterkaitan secara padu. Dengan adanya hubungan kohesif itu, suatu unsur dalam wacana dapat diinterprestasikan sesuai dengan keterkaitannya dengan unsur-unsur yang lain. Hubungan kohesif dalam wacana sering ditandai dengan penanda-penanda kohesi, baik yang sifatnya gramatikal maupun leksikal.

b.      Fungsi Koherensi
Fungsi koherensi yakni penjelas dari suatu kalimat agar mudah dipahami. Hal itu karena didalam koherensi terdapat suatu rangkaian fakta dan gagasan yang teratur dan telah tersusun secara logis. Koherensi ini berhubungan dengan makna yang masih memerlukan interpretasi sehingga hubungan antar tubuh wacana diperlukan penanda yang berupa hubungan antar kalimat. Penanda hubungan itu berfungsi untuk menghubungkan kalimat sekaligus menambah kejelasan hubungan antarkalimat dalam wacana.

c.       Fungsi Referensi
Fungsi referensi di dalam bahasa yang menyangkut nama diri, hal ini digunakan sebagai topik baru (untuk memperkenalkan) atau untuk menegaskan bahwa topik masih sama. Topik yang sudah jelas biasanya dihilangkan atau diganti.




Studi kasus: Apakah bisa kohesi dan koherensi digunakan untuk membedah atau menganalisa suatu teks dalam buletin Jumat?

Jawaban: bisa dan memungkinkan menganalisa buletin menggunakan kohesi dan koherensi. Misalnya saja digunakan tujuan penelitian yang berupa; untuk mengetahui bagaimana penggunaan kohesi dan koherensi dalam teks buletin jumat. Melihat tujuan dari penulisan bulletin, yakni melalui buletin agar dapat membangun karekter muslim yang baik. Aspek kohesi dan koherensi merupakan kriteria dan prinsip yang penting salam suatu teks buletin sehingga buletin dapat dipahami dan bermanfaat bagi para pembaca. Hal itu karena aspek kohesi dan koherensi membangun suatu wacana sehingga dapat menyampaikan pesan kepada para pembaca. Dengan cara ini, tujuan dari buletin untuk membangun karakter muslim dapat tercapai. 

0 komentar:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 TukangTerjemahDotCom Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates